Categories
Berita Sepak Bola Terbaru

5 Penjualan Termahal Graham Potter dalam Karir Kepelatihan

Betontennis.org – 5 Penjualan Termahal Graham Potter dalam Karir Kepelatihan. Graham Potter secara resmi telah ditunjuk sebagai pelatih baru Chelsea. Pria berusia 47 tahun itu telah menggantikan Thomas Tuchel, yang dipecat setelah gagal tampil menjanjikan bersama Chelsea pada awal musim baru.

Perlu diketahui, Chelsea tidak terlalu jauh di bawah klasemen Liga Premier untuk 2022/2023. Cesar Azpilicueta cs masih berada di posisi keenam dengan raihan 10 poin, hanya tiga poin di belakang Brighton & Hove Albion yang berada di urutan keempat.

Namun demikian, nasib The Blues tentu saja memprihatinkan jika Anda melihat kembali sejumlah penampilan baru-baru ini. Mereka tampak berjuang keras untuk mempertahankan rekor clean sheet yang mereka raih di awal musim Premier League ini.

Catatan Chelsea di Liga Champions juga tidak terlalu menjanjikan. Pada Selasa (6/9/2022), tim asuhan Thomas Tuchel kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb di leg pertama Grup E.

The Blues diunggulkan untuk memenangkan pertandingan ini. Terlebih lagi, mereka lebih unggul di atas kertas jika dibandingkan dengan Dinamo Zagreb. Sayangnya, Chelsea kurang beruntung, dan setelah gol Mislav Orsic pada menit ke-13, mereka tidak berkutik.

Serangkaian hasil buruk bagi klub pemenang Liga Champions 2020/2021 itu membuatnya tidak lagi di bawah kendali Tuchel. Dan Graham Potter, yang telah menandatangani kontrak lima tahun, telah diberi tugas sebagai manajer baru.

Menurut laporan Daily Mail, pemilik Chelsea telah menetapkan target bagi Potter untuk musim ini. Manajer Inggris itu dituntut untuk mengamankan posisi empat besar dan membawa The Blues melangkah jauh di Liga Champions.

5 Penjualan TerMahal Graham Potter

Penunjukan Potter sebagai juru taktik baru Chelsea bukan tanpa alasan. Potter sering disebut sebagai manajer muda potensial di Inggris.

Potter ditunjuk sebagai pelatih Brighton pada musim panas 2019. Sejak saat itu, Brighton telah berkembang menjadi tim yang sering kali menyulitkan tim-tim besar Premier League.

Potter juga mampu mengubah pemain, bahkan yang bukan nama besar, menjadi pemain yang diincar oleh banyak klub besar di Inggris dan Eropa. Karena itu, mereka bisa dilepas dengan harga tinggi.

Lantas siapa saja pemain yang selama ini ditangani dan dilepas Potter dengan harga tinggi. Berikut ini daftar lima di antaranya.

5. Neal Maupay

Neal Maupay telah bekerja sama dengan Graham Potter di Brighton sejak tahun 2019. Striker asal Prancis ini diakuisisi dari Brentford dengan harga €15.56 juta.

Maupay sejak itu menjadi pemain kunci di lini depan Brighton. Untuk Seagulls, ia ambil bagian dalam 109 pertandingan di semua kompetisi, mencetak 27 gol dan memberikan tujuh assist.

Pada jendela transfer musim panas 2022, Maupay memutuskan untuk meninggalkan Brighton. Ia pindah ke Everton dengan harga 11,8 juta euro.

4. Dan Burn

Dan Burn telah membela Brighton sejak tahun 2018. Bek asal Inggris ini diakuisisi dari Wigan dengan harga €3,55 juta.

Setelah diakuisisi Brighton, Dan Burn langsung dipinjamkan ke tim lamanya. Burn kembali membela skuad The Seagulls pada musim dingin 2019.

Selama waktunya bersama Brighton, Burn memainkan 84 pertandingan dan mencetak dua gol sebelum dilepas ke Newcastle pada musim dingin tahun 2022 dengan harga €16 juta.

3. Yves Bissouma

Yves Bissouma bermain di lini pertahanan untuk Brighton sejak 2018. Sang pemain, yang saat itu bermain di posisi gelandang, ditransfer dari tim Prancis, Lille.

Di Brighton, Bissouma bermain bagus di sektor tengah. Gelandang Mali ini tampil dalam 124 pertandingan, mencetak enam gol dan memberikan tiga assist.

Karena penampilannya yang konsisten, Bissouma dikabarkan diinginkan oleh sejumlah klub Liga Premier. Ia kemudian pindah ke Tottenham dengan harga €29.2m.

2. Ben White

Ben White adalah pemain dari akademi Brighton. Bek asal Inggris ini telah menjadi bagian dari skuad senior Seagulls di musim 2018.

Meskipun Ben White sempat dipinjamkan ke klub lain, ia akhirnya menjadi pemain kunci di lini pertahanan Brighton. Dia telah menjalani 41 pertandingan di semua kompetisi.

White akhirnya dilepas oleh Brighton pada musim panas 2021. Arsenal berhasil mendapatkan pemain berusia 24 tahun itu setelah dia dibeli seharga €65 juta tahun.

1. Mark Cucurella

5 Penjualan Termahal Graham Potter dalam Karir Kepelatihan
Mark Cucurella termasuk dalam daftar 5 penjualan termahal Graham Potter dalam karir kepelatihan

Brighton mengakuisisi Mark Cucurella dari Getafe pada musim panas 2021. Bek asal Spanyol itu tampil bagus pada musim pertamanya di Stadion Falmer. Sebelum bermain untuk Brighton, Marc Cucurella memulai kariernya di akademi Espanyol, Spanyol. Pada usia 14 tahun, ia ditransfer ke akademi Barcelona. Manchester City sempat berharap bisa memboyong Cucurella pada bursa transfer musim panas 2022. Namun, pemain berusia 24 tahun itu akhirnya pindah ke Chelsea dengan harga €65,3 juta hingga 2028.

Setelah ditunjuk sebagai pemain Chelsea, Cucurella tentu saja sangat senang. Ia senang karena bisa bergabung dengan salah satu klub terbesar di Eropa dan dunia.

“Saya sangat senang. Ini kesempatan besar untuk bergabung dengan klub terbaik di dunia, jadi saya senang di sini dan saya akan mencoba membantu tim,” ujarnya di situs resmi Chelsea.

Bos besar Chelsea Todd Boehly, tentu saja, juga mengomentari pembelian Mark Cookler dari Brighton. Dia senang karena dia memiliki beberapa bek hebat di skuadnya.

“Mark adalah bek elit dengan rekam jejak yang terbukti di Liga Premier dan akan menambah kekuatan skuad kami untuk musim baru. Kami terus bekerja keras baik di dalam maupun di luar lapangan. Saya sangat senang Mark menjadi bagian dari masa kini dan masa depan Chelsea,” seru Boehly.

Cucurella telah tampil dalam tujuh pertandingan di semua kompetisi musim ini, memberikan dua assist. Dia sekarang akan bereuni dengan Graham Potter di Stamford Bridge.